SYARAT & KETENTUAN

Syarat dan Ketentuan yang ditentukan dibawah ini (selanjutnya disebut sebagai “Syarat dan Ketentuan Pengguna”) berlaku untuk penggunaan anda terhadap platform Veliqa yang dapat anda akses termasuk namun tidak terbatas pada situs www.veliqa.com dan melalui aplikasi mobile “Android” atau “iOS” (“Platform Veliqa”) yang dimiliki dan dikelola oleh PT Cerita Bahagia terkait Penggunaan situs www.veliqa.com. Pengguna disarankan untuk membaca Syarat dan Ketentuan ini karena akan berdampak pada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Agar anda dapat menggunakan fasilitas yang diberikan oleh Platform Veliqa secara lengkap, maka anda wajib melakukan registrasi atau pendaftaran terlebih dahulu dengan membuat akun di Platform Veliqa sebagai Pengguna (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) dan anda menyatakan dan menjamin bahwa anda adalah individu yang secara hukum berhak untuk mengadakan perjanjian yang mengikat berdasarkan hukum Republik Indonesia, khususnya untuk menggunakan Platform Veliqa dan bahwa anda telah berusia minimal 18 (delapan belas) tahun. Oleh karena itu, anda berkewajiban untuk memberikan data-data dan/atau informasi secara benar, akurat, dan lengkap.

Dengan mengakses atau menggunakan Platform Veliqa baik sebagai tamu maupun dengan melakukan registrasi atau pendaftaran sebagai Pembeli, maka anda telah secara sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun menyatakan diri setuju untuk menerima, memahami, dan sepakat untuk mengikatkan diri, tunduk dan taat serta mematuhi setiap ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan Pengguna ini. Syarat dan Ketentuan Pengguna ini merupakan perjanjian yang mengikat antara PT Cerita Bahagia dan Pengguna.

Setiap kegiatan terkait dengan Penggunaan fasilitas Platform Veliqa, maka Pengguna, dilindungi secara hukum berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan terhadap segala bentuk perikatan yang timbul dari segala aktifitas di Platform Veliqa telah memenuhi kaidah dan syarat sahnya suatu perjanjian sebagaimana yang tercantum dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia.

Kami menyarankan anda untuk membaca Syarat dan Ketentuan Pengguna ini dengan seksama sebelum menggunakan Platform Veliqa. Apabila Pengguna tidak menerima dan/atau tidak sepakat dengan Syarat dan Ketentuan Pengguna ini, maka anda tidak diperkenankan untuk mengakses atau menggunakan Platform Veliqa.

1. DEFINISI

Dalam Syarat dan Ketentuan Pengguna ini, kecuali apabila secara tegas ditentukan lain, istilah-istilah dibawah ini memiliki arti sebagai berikut:

  1. Veliqa adalah PT Cerita Bahagia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha  jasa web portal www.veliqa.com.
  2. Platform Veliqa adalah situs e-commerce yang dikelola dan dimiliki oleh Veliqa, berfungsi untuk mempertemukan Pengguna  dan para Vendor pernikahan yang teregistrasi, yang tersedia melalui www.veliqa.com, platform “iOS” dan platform “Android”.
  3. BANI adalah Badan Arbitrase Nasional Indonesia, suatu lembaga independen yang memberikan jasa penyelesaian sengketa diluar pengadilan yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan KADIN Indonesia Nomor: SKEP/152/DPH/1977 tanggal 30 November 1977.
  4. Produk adalah barang dan/atau jasa yang ditawarkan Vendor teregistrasi pada platform Veliqa. 
  5. Pengguna adalah pihak yang menggunakan Platform Veliqa, baik yang telah melakukan registrasi akun sebagai Vendor dan/atau Pembeli maupun sekedar mengunjungi Platform Veliqa.
  6. Vendor adalah orang perseorangan, perseroan terbatas, koperasi, firma (baik yang memiliki atau tidak memiliki badan hukum) yang terdaftar pada Platform Veliqa, yang dapat melakukan penyediaan Produk, melakukan penawaran dan/atau penjualan atas suatu Produk kepada para Pembeli melalui Veliqa Store.
  7. Pembeli adalah Pembeli terdaftar yang melakukan permintaan atas Produk dan/atau Jasa yang ditawarkan oleh Vendor pada platform Veliqa.
  8. Akun Pembeli adalah akun yang dimiliki oleh Pembeli setelah melakukan proses registrasi pada Platform Veliqa.
  9. Transaksi adalah aktivitas jual beli atas Produk, antara Pembeli dan Vendor melalui Platform Veliqa.
  10. Veliqa Pay adalah sistem penerimaan pembayaran atas seluruh Biaya yang dilakukan Pembeli yang disediakan oleh Veliqa untuk mengakomodasi pembayaran atas Transaksi.
  11. Biaya Layanan adalah biaya yang dibebankan kepada Pembeli atas transaksi pembayaran kartu kredit yang dilakukan melalui platform Veliqa.
  12. Promo adalah kegiatan promosi yang sewaktu-waktu diadakan oleh Veliqa yang memiliki Syarat dan Ketentuan yang berbeda pada masing-masing kegiatan promosi. 
  13. Hari Kerja adalah hari selain hari Sabtu atau hari Minggu serta hari libur nasional yang ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia, dimana bank-bank di Jakarta menjalankan kegiatan operasional normal.
  14. HKI Veliqa adalah Hak Kekayaan Intelektual yang dimiliki oleh Veliqa, termasuk namun tidak terbatas pada segala sesuatu mengenai Platform Veliqa.
  15. Informasi Rahasia adalah informasi yang diberikan oleh Veliqa, atau informasi lain yang Vendor dapatkan sehubungan dengan Penggunaan Platform Veliqa, termasuk namun tidak terbatas pada, Biaya, informasi komersial, kontraktual, keuangan, rahasia perdagangan, ide, konsep, teknologi, desain, spesifikasi, data diagram, informasi teknis lainnya, dalam bentuk apapun.
  16. Informasi Registrasi adalah data-data yang di dalam nya terdapat Login ID, password, e-mail, nomor telepon dan informasi-informasi lainnya sehubungan dengan Akun Pembeli pada saat melakukan registrasi pada Platform Veliqa.
  17. Kebijakan Privasi Veliqa adalah kebijakan privasi yang berlaku sehubungan dengan Penggunaan Platform Veliqa, selengkapnya DISINI.
  18. Penutupan Akun Pembeli adalah kegiatan yang harus dilakukan Pembeli yang bermaksud untuk mengakhiri Syarat dan Ketentuan Pengguna ini. 
  19. Perselisihan adalah segala perbedaan pendapat atau tidak sepakat yang timbul dalam pelaksanaan perjanjian antara Pembeli dan Vendor dan/atau pelaksanaan Syarat dan Ketentuan Pengguna. 
  20. Surat Penawaran adalah surat penawaran dari Vendor kepada Pembeli yang sedikitnya mencantumkan detail Produk, harga, termin dan tanggal pembayaran, keterangan dan catatan.
  21. Veliqa Store adalah ruang khusus atau halaman khusus pada Platform Veliqa yang disediakan bagi Vendor untuk dapat menjual Produk secara online melalui Platform Veliqa.
  22. Veliqa Deals adalah fitur yang disediakan pada Situs/Aplikasi kepada Vendor untuk memberikan diskon atau potongan harga kepada Pembeli dalam jangka waktu terbatas yang ditentukan oleh Veliqa.
  23. Wedding Points adalah poin loyalitas khusus dibuat oleh Veliqa yang diberikan dalam besaran jumlah tertentu kepada Pembeli dan dapat digunakan sebagai potongan harga untuk transaksi Veliqa Deals atau pembelian Produk selanjutnya pada Veliqa Store.
  24. Pusat Bantuan adalah fitur yang disediakan oleh Veliqa untuk memfasilitasi penyelesaian masalah antara Vendor dan Pembeli.

2. PRODUK

 Pembeli dapat menemukan berbagai jenis barang dan/atau jasa pada halaman Veliqa Store yang ditawarkan oleh Vendor teregistrasi sehingga memudahkan Pembeli untuk mencari dan melakukan Transaksi pembelian barang dan/atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan, termasuk namun tidak terbatas pada: catering, jewellery, venue, bridal, decoration & lighting, dress & attire, favor & gifts, honeymoon, invitations, men’s formal wear, photo booth, photography, videography, wedding planning, wedding cake, hair and makeup, entertainment (MC), entertainment (music), officiants, wedding shoes, health and beauty, boutonnieres and corsages, entertainment (DJ), sweet corner, dance and choreography, event rentals, flowers, dan wedding accessories (selanjutnya disebut sebagai “Produk”).

3. KETENTUAN PEMBELI

  1. Pembeli memahami dan menyetujui dengan menggunakan platform Veliqa menyatakan bahwa Pembeli merupakan orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
  2. Pengguna yang bertindak sebagai Vendor dianggap telah membaca, menyetujui dan memahami isi seluruhnya dari Syarat dan Ketentuan Vendor, selengkapnya DI SINI.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa selain Pembeli mendaftarkan dan/atau memiliki akun pada platform Veliqa, Pembeli wajib mendaftarkan dan/atau memiliki akun pada Situs/Aplikasi Tokopedia. 
  4. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa Pembeli wajib melakukan verifikasi melalui nomor telepon yang aktif dan terdaftar untuk menggunakan platform Veliqa. Setiap akun Pembeli hanya dapat memiliki 1 (satu) nomor telepon terverifikasi, dan hanya nomor telepon tersebut yang dapat menerima kode verifikasi atau One-time Password (OTP) dan tindakan lainnya yang berhubungan dengan akun milik Pembeli. 
  5. Veliqa tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pembeli, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan dan/atau peraturan hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa moderasi akun, penutupan akun, pembatalan listing, suspensi akun, dan/atau penghapusan akun Pembeli.
  6. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa, Pembeli bertanggung jawab atas kerahasiaan berupa password, email dan informasi-informasi lainnya sehubungan dengan Akun Pembeli (“Informasi Registrasi”).
  7. Apabila Pembeli menyadari adanya akses ilegal terhadap akun milik Pembeli, atau adanya penyalahgunaan terhadap Informasi Registrasi, Pembeli dapat memberitahukan kepada Veliqa melalui email di support@veliqa.com. Untuk menghindari keragu-raguan, pemberitahuan tersebut tidak membuat Veliqa bertanggung jawab atas segala bentuk penyalahgunaan Informasi Registrasi atau akses ilegal terhadap akun milik Pembeli.

4. TRANSAKSI PEMBELIAN

  1. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa wajib melakukan transaksi melalui metode pembayaran yang telah ditetapkan oleh platform Veliqa. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian Veliqa akan meneruskan dana ke pihak Vendor apabila tahapan transaksi jual beli pada Veliqa Store telah selesai.
  2. Pembeli dalam melakukan pembelian Produk memahami dan menyetujui bahwa Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui segala informasi atau deskripsi keseluruhan Produk, termasuk namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan/atau ukuran Produk sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli. 
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat pada platform Veliqa tergantung pada monitor komputer Pembeli. Veliqa telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan pada platform Veliqa muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada platform Veliqa akan akurat.
  4. Pembeli terikat dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Produk ketika Pembeli membeli suatu barang dan/atau jasa pada platform Veliqa.
  5. Veliqa tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Vendor kepada Pembeli, maka Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Produk sepenuhnya merupakan tanggung jawab Vendor. Namun terkait ketersediaan stok Produk pada Veliqa Store dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Produk kosong, maka Vendor akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan akan dikembalikan seluruhnya kepada Pembeli.
  6. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Vendor selain melalui metode yang telah ditentukan Veliqa atau Rekening Resmi Veliqa dan/atau tanpa sepengetahuan Veliqa, termasuk namun tidak terbatas pada fasilitas atau jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar platform Veliqa sepenuhnya merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli dan Vendor.
  7. Veliqa memiliki kewenangan sepenuhnya untuk membatalkan pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  8. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera, selambat-lambatnya dalam batas waktu 2 (dua) hari setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh Pembeli, Veliqa memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi tersebut. Pembeli melepaskan tanggung jawab dan/atau tidak dapat mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut kepada Veliqa.
  9. Pembayaran dengan setoran tunai wajib disertai dengan berita pada slip setoran berupa nomor invoice dan nama. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa adanya keterangan tersebut sepenuhnya merupakan tanggung jawab pribadi Pembeli.
  10. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Veliqa. Jika terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab pribadi oleh Pembeli.
  11. Dana dari transaksi yang dilakukan oleh Pembeli yang dikirimkan ke Rekening resmi Veliqa akan lanjut dikirimkan ke pihak Vendor pada saat Vendor melakukan konfirmasi penerimaan order dan mengajukan pencairan dana.
  12. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Produk yang disebabkan keterlambatan pembayaran seluruhnya merupakan tanggung jawab pribadi Pembeli.
  13. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi Veliqa seluruhnya merupakan tanggung jawab pribadi Pembeli.
  14. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa apabila terjadi kendala pada Transaksi Pembeli, termasuk namun tidak terbatas pada pengembalian dana, dan/atau keadaan force majeure yang dilakukan oleh Pembeli, sepenuhnya merupakan tanggung jawab Vendor.
  15. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa jika terdapat kendala transaksi termasuk namun tidak terbatas pada pengembalian dana kepada Pembeli sepenuhnya merupakan tanggung jawab Vendor dan hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu, sebagai berikut:
  • Vendor tidak dapat menerima order karena adanya kendala kehabisan stok, perubahan harga Produk, tidak dapat memberikan produk barang dan/atau jasa pada tanggal yang diinginkan Pembeli, yang dimana Pembeli melakukan transaksi pada Veliqa Store.
  • Penyelesaian perselisihan termasuk namun tidak terbatas pada kendala transaksi melalui Pusat Bantuan, berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pembeli atau hasil keputusan dari pihak Veliqa.
  • Proses pengembalian dana milik Pembeli pada transaksi di Veliqa Store yang order nya tidak dapat diterima oleh Vendor karena keadaan yang telah disebutkan pada point D. Transaksi Pembelian Nomor 15 B, maka pengembalian dana  tersebut akan dilakukan ke Saldo Refund Tokopedia / OVO / Tokopoints atau sesuai dengan metode pembayaran yang dilakukan Pembeli yang akan sesuai dengan jumlah pengembalian dana milik Pembeli yang diinginkan. Jika Pembeli menggunakan metode pembayaran dengan kartu kredit maka dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pembeli pada tagihan berikutnya. Ketentuan ini tidak berlaku jika diketahui dan/atau diduga terdapat transaksi pembelian yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku dan/atau Syarat dan Ketentuan Veliqa.
  • Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Produk.
  1. Apabila terjadi kendala Transaksi termasuk namun tidak terbatas pada pembatalan yang dilakukan oleh Pembeli, maka down payment dan/atau pembayaran yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan kepada Pembeli, kecuali telah terdapat persetujuan secara tertulis antara Pembeli, Vendor dan Veliqa yang dimana Veliqa akan tetap membayarkan kepada Vendor sesuai dengan jumlah yang telah dibayarkan oleh Pembeli, dikurangi Service Fee sebagaimana yang telah disepakati antara Vendor dengan pihak Veliqa. 
  2. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa dalam pemesanan, apabila Pembeli ingin melakukan penjadwalan ulang atau perubahan tanggal, maka akan didiskusikan berdasarkan ketersediaan tanggal dengan Vendor dan/atau melakukan penjadwalan ulang atau perubahan tanggal maksimal 2 (dua) kali. Namun dalam keadaan force majeure, melakukan penjadwalan ulang atau perubahan tanggal hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali.
  3. Apabila Pembeli memilih menggunakan metode pembayaran transfer bank (manual transfer), maka Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran. Veliqa tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
  4. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice dan/atau Surat Penawaran yang diterbitkan adalah atas nama Vendor.
  5. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa melepaskan tanggungjawab  kepada Veliqa sebagai penyedia Platform atas segala resiko yang timbul akibat kendala Transaksi termasuk namun tidak terbatas pada pembatalan pembayaran dan/atau kelebihan pembayaran atas harga dalam pemesanan, kehabisan stok, perubahan harga Produk, tidak dapat memberikan produk barang dan/atau jasa pada tanggal yang diinginkan Pembeli, yang dimana Pembeli melakukan transaksi pada Veliqa Store serta Pembeli melakukan transaksi selain melalui metode pembayaran yang telah ditentukan oleh Veliqa dan/atau tanpa sepengetahuan Veliqa.

5. BRIDESTORY PAY

Pembeli sepakat bahwa Transaksi akan dilakukan dengan tata cara yang telah ditentukan oleh Veliqa sebagai berikut:

  1. Pembeli melakukan login ke Platform Veliqa untuk menemukan Vendor yang menawarkan Produk sesuai dengan kebutuhan Pembeli.
  2. Setelah Pembeli menemukan Vendor yang dibutuhkan maka Pembeli dapat mengirimkan pertanyaan ke Vendor melalui fitur yang disediakan di Platform Veliqa seperti (i) kirim pesan; (ii) minta daftar harga; (iii) tanya vendor; dan (iv) pesan penawaran terbaik. Dalam tahapan ini Pembeli dan/atau Vendor dapat menentukan keputusan pada (i) termin dan tanggal pembayaran; dan (ii) prosedur pengiriman barang.
  3. Apabila Pembeli telah sepakat dengan pemesanan, maka Vendor akan membuat Surat Penawaran dengan format yang telah disediakan oleh Veliqa yang mencantumkan (i) detail Produk; (ii) harga; (iii) termin dan tanggal pembayaran, (iv) keterangan; dan/atau (v) catatan (“Surat Penawaran”).
  4. Vendor akan mengirimkan Surat Penawaran kepada Pembeli melalui platform Veliqa.
  5. Apabila Pembeli menyetujui hal-hal di dalam Surat Penawaran tersebut, maka Pembeli akan melanjutkan proses pembayaran sesuai dengan mekanisme pada point D. Transaksi Pembelian.
  6. Pembeli sepakat bahwa pembayaran akan dilakukan melalui Veliqa Pay, yakni melalui virtual account atau Kartu Kredit, dengan ketentuan sebagai berikut: 
  • Virtual Account
    • Pembeli memilih metode pembayaran melalui bank transfer BCA (atau bank lain), selanjutnya klik bayar untuk mendapatkan virtual account number.
    • Pembeli setuju untuk menggunakan generate virtual account number.
    • Pembeli melakukan transfer ke virtual account number yang tertera pada halaman pembayaran dengan jumlah yang sesuai dengan Surat Penawaran. Pada tahap ini, Pembeli dimohon untuk memastikan bahwa transfer yang dilakukan sampai dengan 3 (tiga) digit terakhir. Selanjutnya, sistem Veliqa akan melakukan konfirmasi terhadap pembayaran, dan apabila status pembayaran berhasil, maka Veliqa akan mengirimkan pemberitahuan melalui email dalam bentuk tanda terima pembayaran.
    • Apabila sampai dengan batas waktu yang ditentukan Pembeli tidak melakukan pembayaran, maka pembayaran akan dinyatakan kadaluarsa, dan Pembeli akan diberikan pemberitahuan melalui email berupa salinan invoice dengan status kadaluarsa disertai dengan tanggal dan alasan kadaluarsa.
  • Kartu Kredit
    • Dengan menggunakan metode pembayaran Kartu Kredit, Pembeli memahami dan menyetujui dengan seluruh isi dari Syarat dan Ketentuan Pembayaran dengan Kartu Kredit, selengkapnya DISINI.
    • Pembeli mengisi data kartu kredit seperti nomor kartu kredit, masa berlaku kartu kredit, kode CVV pada bagian belakang kartu kredit, dan nama di kartu kredit.
    • Pembeli akan ditagih sesuai dengan jumlah pembayaran yang telah disepakati dengan Vendor dalam Surat Penawaran. Pembayaran Pembeli akan diproses pada saat pembayaran telah sesuai dan/atau dinyatakan berhasil.
    • Veliqa akan mengirimkan pemberitahuan melalui email milik Pembeli berupa tanda terima pembayaran.
    • Apabila pembayaran Pembeli ditolak, maka sistem Veliqa akan mengirimkan pemberitahuan melalui email berupa salinan invoice dengan status ditolak disertai dengan tanggal dan alasan penolakan.

6. BIAYA LAYANAN

  1. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa Veliqa dapat mengenakan biaya terhadap Pembeli atas layanan yang diberikan Veliqa untuk setiap Transaksi (“Biaya Layanan”). Biaya layanan ini diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan.
  2. Besaran atas Biaya Layanan akan ditentukan lebih lanjut oleh Veliqa dalam halaman tersendiri yang merupakan suatu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan Pembeli ini. Halaman Biaya Layanan dapat dilihat di sini)

7. PROMO 

  1. Veliqa sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi dengan Syarat dan Ketentuan yang mungkin berbeda pada masing-masing kegiatan Promo. Pembeli dihimbau untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Promo tersebut.
  2. Veliqa berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pembeli, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan Veliqa dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
  3. Pembeli hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun Veliqa pada platform Veliqa untuk mengikuti setiap promo Veliqa. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pembeli yang sama, nomor handphone yang sama, alamat yang sama, ID pelanggan yang sama, identitas pembayaran yang sama, dan/atau riwayat transaksi yang sama, maka Pembeli tidak berhak mendapatkan manfaat dari Promo Veliqa.
  4. Dengan mengikuti Promo pada Platform Veliqa, Pembeli dianggap memahami dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan yang berlaku.

8. WEDDING POINT

  1. Veliqa akan memberikan Wedding Points kepada Pembeli apabila Pembeli melakukan transaksi pembelian atas Produk milik Vendor yang ditawarkan di Veliqa Deals.
  2. Wedding Points dapat ditukarkan untuk transaksi berikutnya pada pembelian Veliqa Deals ataupun pembelian Produk di Veliqa Store.
  3. Wedding Points akan didapatkan untuk transaksi dengan full payment atau pembayaran pertama atas Produk Deals yang terjadi sejak tanggal 26 Agustus 2021 pk 00:00 WIB
  4. Besaran atau nilai Wedding Points ditentukan sepenuhnya oleh Veliqa dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.
  5. Wedding Points yang didapatkan oleh Pembeli di Veliqa dapat ditukarkan untuk transaksi berikutnya yang akan mengurangi nilai transaksi pada saat pembelian atau pembayaran transaksi berikutnya.
  6. Transaksi Veliqa Deals yang menggunakan kode promo tidak akan mendapatkan Wedding Points.
  7. Masa berlaku Wedding Points adalah 12 (dua belas) bulan sejak tanggal transaksi.
  8. Wedding Points akan dianggap kadaluarsa apabila Pembeli menutup atau menghapus Akun Pembeli di Situs Veliqa secara permanen.
  9. Wedding Points yang telah diperoleh oleh Pembeli tidak dapat diuangkan, dipindahtangankan, dialihkan dan/atau  digabungkan dengan Wedding Points milik Pembeli Veliqa lainnya.
  10. Veliqa berhak tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk mengubah, menghapus dan/atau memperbaharui ketentuan terkait Wedding Points termasuk namun tidak terbatas pada nilai konversi Wedding Points, apabila terdapat indikasi Gangguan sebagaimana pada Pasal L.4 Syarat dan Ketentuan ini ataupun adanya kecurangan yang dilakukan Pembeli.
  11. Ketentuan mengenai besaran Wedding Points berdasarkan Pasal H ini tunduk pada ketentuan yang terdapat pada halaman akun Pembeli. Pembeli memahami bahwa Veliqa sewaktu-waktu dapat mengubah ketentuan mengenai Wedding Points termasuk namun tidak terbatas pada jumlah poin yang diperlukan untuk membeli produk-produk atau layanan-layanan yang tersedia pada Platform Veliqa, di mana setiap perubahan tersebut dapat dilihat pada halaman akun Pembeli. Oleh karena itu, Pembeli berkewajiban untuk secara berkala memperhatikan ketentuan Wedding Points yang terdapat di halaman profile Pembeli.
  12. Ketentuan mengenai besaran pemberian Wedding Points adalah sebagaimana ditentukan dalam Lampiran I.
  13. Pembatalan transaksi dan/atau pengembalian dana terhadap pembelian Veliqa Deals sepenuhnya merupakan tanggung jawab Vendor dan tidak mempengaruhi nominal Wedding Points yang telah didapatkan oleh Pengguna. 

9. PUSAT BANTUAN

  1. Pusat Bantuan adalah layanan yang akan memfasilitasi Pembeli dalam menghadapi kendala dalam bertransaksi antara Pembeli dan Vendor yang terjadi pada platform Veliqa. Pembeli dapat menghubungi layanan Pusat Bantuan dengan mengirimkan email ke support@veliqa.com.
  2. Dengan menggunakan layanan ini, Pembeli dan Vendor diharapkan memberikan bukti-bukti informasi yang sesuai dan dibutuhkan berupa Quotation ID, alamat email Pembeli, kronologis ketika menghadapi kendala transaksi dapat berupa tangkapan layar ataupun rekaman video, bukti transaksi, dan/atau detail teknis yang mungkin dibutuhkan seperti model dan jenis device, sistem operasi yang digunakan, serta versi aplikasi Veliqa yang terpasang serta bukti-bukti penunjang lainnya yang dapat menjadi dasar pembenaran atas setiap argumen yang dikeluarkan oleh masing-masing Pihak.
  3. Penyelesaian kendala dan/atau masalah melalui layanan Pusat Bantuan ini dapat berupa solusi yang dihasilkan berdasarkan kesepakatan bersama antara Pembeli dan/atau Vendor.
  4. Jika tidak ditemukan kesepakatan antara Pembeli dengan Vendor, maka Veliqa memiliki hak untuk membantu menyelesaikan kendala sesuai dengan bukti-bukti yang diberikan.
  5. Pembeli memahami dan menyetujui bahwasanya layanan Pusat Bantuan bersifat membantu menyelesaikan kendala transaksi, seperti dibawah ini:
  • Pembeli tidak dapat melakukan log in atau registrasi ke platform Veliqa;
  • Pembeli tidak dapat melakukan atau melanjutkan ke proses pembayaran;
  • Pembeli tidak dapat melihat Produk yang ditawarkan oleh Vendor;
  • Pembeli tidak menerima notifikasi transaksi berhasil;
  • Pembeli menerima atau melihat notifikasi error, gagal, dan/atau gangguan;
  • Halaman Produk atau Jasa tidak memuat informasi dengan sempurna atau secara keseluruhan;
  • Pembeli dapat melaporkan penyalahgunaan foto atau video yang diunggah oleh Vendor dalam album portofolio milik Vendor;
  • Pembeli dapat melaporkan jika adanya penipuan dengan menyertakan bukti transaksi dengan Vendor tersebut. Dalam hal ini, Veliqa hanya akan melakukan verifikasi bahwa setiap laporan yang masuk terkait adanya penipuan adalah benar dari konsumen Vendor tersebut, selanjutnya penyelesaian perselisihan tersebut akan dikembalikan kepada kesepakatan masing-masing Pihak; dan
  • Pembeli dapat melaporkan Vendor, apabila diketahui atau ditemukan bahwa Vendor menjual dan/atau menampilkan Produk atau Konten Yang Dilarang (bagian 11).
  1. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa apabila terjadi perselisihan antara Pembeli dan/atau Vendor mengenai Produk atau Jasa yang ditawarkan dan/atau diberikan oleh Vendor serta kendala transaksi Pengembalian Dana adalah diluar tanggung jawab dan kendali Veliqa dan merupakan tanggung jawab pribadi Vendor sebagai penyedia layanan yang ditawarkan dan/atau diberikan. Penyelesaian perselisihan tersebut akan dikembalikan kepada kebijakan masing-masing Pihak.

10. PAJAK

Pembeli bertanggung jawab atas pajak-pajak yang mungkin timbul sehubungan dengan Transaksi dan/atau penggunaan Platform Veliqa, sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku di Republik Indonesia. Untuk memperoleh informasi atau konfirmasi mengenai pajak-pajak, Pembeli dapat menghubungi Veliqa melalui email: finance@veliqa.com.

11. KEBIJAKAN PRIVASI BRIDESTORY

  1. Pembeli dapat melihat secara lengkap Kebijakan Privasi Veliqa DISINI.
  2. Dengan menggunakan Platform Veliqa, maka Pembeli memahami dan menyetujui  atas Kebijakan Privasi Veliqa, dan memberikan hak kepada Veliqa untuk menggunakan informasi Pembeli yang terdapat dalam Platform Veliqa untuk kepentingan pengembangan Platform Veliqa maupun komersial Veliqa, sepanjang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.  
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa Veliqa dapat membagikan informasi Anda kepada anak perusahaan dan afiliasinya, dalam hal ini termasuk namun tidak terbatas pada PT Tokopedia, untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan data untuk dan atas nama Veliqa.

 

12. PELEPASAN TANGGUNG JAWAB

  1. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa Transaksi adalah hubungan antara Pembeli dengan Vendor. Veliqa hanya berkewajiban untuk menyediakan platform untuk menyediakan layanan kepada Pembeli Veliqa sebaik mungkin untuk memudahkan Transaksi, termasuk namun tidak terbatas pada, penyediaan Veliqa Pay. Oleh Karena itu, Pembeli membebaskan Veliqa dari segala bentuk tanggung jawab terhadap seluruh atau sebagian kerugian atau hilangnya keuntungan yang dialami oleh Vendor, maupun Pembeli yang timbul dari, atau sehubungan dengan Transaksi.
  2. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa jika Pembeli mengalami perselisihan dengan satu atau lebih Pembeli lainnya atau Vendor, Pembeli melepaskan Veliqa termasuk namun tidak terbatas pada Induk Perusahaan, Direktur, dan/atau karyawan dari klaim dan/atau tuntutan atas kerusakan dan/atau kerugian (akibat dan tersirat) dari setiap jenis dan/atau sifatnya, yang dikenal dan/atau tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari penyediaan barang atau jasa yang dilarang dan/atau kendala pada Transaksi. Dengan demikian maka Pembeli dengan ini melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang berlaku) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa segala sesuatu yang terkait dengan platform Veliqa, disediakan kepada Pembeli “sebagaimana adanya” dan “sebagaimana tersedia”. Veliqa tidak membuat pernyataan dan jaminan atas konten atau pengoperasian Veliqa, maka penggunaan layanan Veliqa adalah merupakan risiko dan tanggung jawab Pembeli sendiri.
  4. Veliqa tidak membuat pernyataan dan jaminan dalam bentuk apapun tentang kondisi, akurasi, keandalan, kelengkapan baik konten maupun layanan Veliqa, serta tidak membuat pernyataan dan jaminan bahwa platform Veliqa adalah platform yang sempurna. Sangat dimungkinkan untuk terjadinya gangguan, kesalahan, kekeliruan, infeksi virus atau kode atau program komputer yang berjalan secara otomatis, yang mengandung sifat merusak atau yang dimaksudkan untuk merusak, mencegah dan mengambil alih sistem, data atau informasi pribadi Pembeli yang terdapat dalam platform Veliqa.
  5. Veliqa tidak bertanggungjawab atas layanan apapun yang Vendor berikan kepada Pembeli, dan atas tindakan ilegal apapun yang dilakukan oleh Vendor. Pembeli dilarang menyatakan, atau menyebabkan pihak manapun memahami bahwa Veliqa adalah agen, atau perwakilan dari Vendor. Seluruh kegiatan adalah tergantung pada Vendor untuk menawarkan Produk kepada Pembeli dan tergantung pada Pembeli apakah akan menerima tawaran Produk dari Vendor.
  6. Dalam mengelola dan memberikan layanan melalui Platform Veliqa, Veliqa senantiasa menjaga keamanan informasi-informasi yang diberikan oleh Pembeli dengan menerapkan sistem pengamanan yang seoptimal mungkin. Namun perlu untuk diketahui bahwa, sangat dimungkinkan untuk terjadinya kehilangan atau kebocoran yang diakibatkan perolehan secara ilegal oleh pihak lain. Dengan demikian Veliqa tidak menyatakan dan menjamin bahwa Platform Veliqa terbebas dari ancaman kehilangan atau kebocoran informasi yang diakibatkan oleh pihak lain yang mana hal tersebut juga dialami oleh semua Pembeli internet, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) carding; (ii) cracking; (iii) phising; (iv) malware; atau (v) hal-hal lainnya, yang ditujukan baik kepada Platform Veliqa maupun infrastruktur pendukungnya. Oleh karena itu, Pembeli dengan ini menyatakan bahwa Pembeli telah memahami risiko-risiko yang mungkin timbul terkait dengan hal tersebut dan melepaskan Veliqa dari segala bentuk tanggung jawab terhadap seluruh atau sebagian dari kerugian atau hilangnya keuntungan Pembeli sehubungan dengan kebocoran informasi-informasi yang diakibatkan perolehan secara ilegal oleh pihak lain atau yang diakibatkan oleh gangguan, kesalahan, kekeliruan ataupun infeksi virus dalam Platform Veliqa.
  7. Dalam penggunaan Platform Veliqa, Pembeli menyatakan dan menjamin bahwa Pembeli adalah pemilik dari informasi-informasi yang diberikan kepada Veliqa dan/atau informasi-informasi yang diunggah ke dalam Platform Veliqa. Oleh karena itu Pembeli membebaskan Veliqa dari segala bentuk tanggung jawab yang timbul sehubungan dengan adanya klaim atau tuntutan dari pihak lain yang berasal dari dan/atau terkait dengan informasi-informasi yang Pembeli berikan.

 13. GANTI RUGI 

Pembeli wajib mengganti kerugian, membebaskan dan melindungi Veliqa dalam keadaan apapun termasuk, direksi, komisaris, pemegang saham, pengurus, karyawan, dan/atau afiliasinya dari dan terhadap setiap dan semua kerugian, kerusakan, tanggung jawab, pembayaran, kewajiban, dan pengeluaran (termasuk fee dan pengeluaran jasa hukum yang wajar) yang langsung diderita atau ditanggung oleh Veliqa termasuk namun tidak terbatas pada direksi, komisaris, pemegang saham, pengurus, karyawan, dan/atau afiliasinya yang timbul langsung dari pelanggaran Pembeli terhadap Syarat dan Ketentuan Pembeli dan/atau ketentuan-ketentuan lainnya sehubungan dengan penggunaan Platform Veliqa. Kewajiban untuk mengganti kerugian, membebaskan dan melindungi Veliqa akan tetap berlaku meskipun Syarat dan Ketentuan Pengguna ini telah berakhir.

 14. KERAHASIAAN 

  1. Dalam menggunakan Platform Veliqa, Pembeli berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan dari informasi-informasi yang diberikan oleh Veliqa kepada Pembeli, atau informasi-informasi lain yang didapat oleh Pembeli sehubungan dengan penggunaan Platform Veliqa, termasuk namun tidak terbatas pada, informasi komersial, kontraktual, keuangan, rahasia perdagangan, ide, konsep, teknologi, desain, spesifikasi, data diagram, informasi teknis lainnya, dalam bentuk apapun (“Informasi Rahasia”). Kewajiban untuk menjaga kerahasiaan dari Informasi Rahasia berlaku sejak Pembeli melakukan pendaftaran akun Veliqa, dan akan terus berlaku walaupun Pembeli telah mengakhiri hubungan dengan Veliqa melalui Penutupan Akun Pembeli, dengan pengecualian bahwa kewajiban untuk menjaga kerahasian Informasi Rahasia tidak berlaku terhadap:
  • data atau informasi yang sejak semula telah berada dalam penguasaan Pembeli yang dibuktikan dengan adanya catatan tertulis;
  • data atau informasi yang secara eksplisit dinyatakan oleh Veliqa sebagai data atau informasi yang dapat diungkapkan kepada pihak lain;
  • data atau informasi yang telah mendapat persetujuan Veliqa untuk diungkapkan kepada pihak lain;
  • data atau informasi yang telah diungkapkan oleh Veliqa kepada publik; dan/atau
  • data atau informasi yang berdasarkan peraturan perundang-undangan, perintah atau putusan pengadilan, aturan atau peraturan suatu badan regulator diwajibkan untuk diungkapkan.
  1. Apabila Pembeli melanggar kewajiban untuk menjaga kerahasiaan dari Informasi Rahasia, sehingga menyebabkan timbulnya hal-hal sebagai berikut:
  • pengungkapan Informasi Rahasia;
  • pencurian, penipuan, dan/atau penyalahgunaan sehubungan dengan aset-aset Veliqa;
  • pernyataan yang salah atau pernyataan palsu mengenai Veliqa;
  • penghinaan atau pengancaman dari pihak manapun kepada Veliqa atau para pekerja Veliqa; dan/atau
  • hal-hal lain yang merugikan Veliqa dalam bentuk apapun:
  • maka Pembeli bertanggung jawab secara penuh untuk melaksanakan ganti rugi atas seluruh kerugian dan/atau hilangnya keuntungan Veliqa dan/atau mitra-mitra bisnis Veliqa yang timbul dari, atau sehubungan dengan, pelanggaran atas kewajiban Pembeli untuk menjaga kerahasiaan dari Informasi Rahasia.

 15. JANGKA WAKTU 

Syarat dan Ketentuan Pembeli ini berlaku sejak Pembeli menyelesaikan proses registrasi, yakni saat Pembeli memiliki Akun Pembeli, dan akan terus berlaku kecuali diakhiri oleh Pembeli atau Veliqa. Apabila Pembeli bermaksud untuk mengakhiri Syarat dan Ketentuan Pembeli ini, Pembeli dapat melakukannya dengan cara menutup Akun Pembeli, dengan mengirimkan permintaan penutupan akun melalui email Veliqa di support@veliqa.com dan selanjutnya Veliqa akan memproses permintaan penutupan atas Akun Pembeli (“Penutupan Akun Pembeli”). Penutupan Akun Pembeli tidak membebaskan Pembeli dari segala kewajiban yang telah timbul sebelum tanggal Penutupan Akun Pembeli.

 16. PERUBAHAN 

Veliqa berhak untuk sewaktu-waktu mengubah Syarat dan Ketentuan Pengguna dengan berdasarkan pertimbangan dan keputusan Veliqa. Setiap perubahan atas Syarat dan Ketentuan Pengguna akan diinformasikan melalui fitur notifikasi yang terdapat pada Akun Pembeli. Syarat dan Ketentuan Pengguna yang baru akan efektif berlaku 24 (dua puluh empat) jam setelah diinformasikan. Apabila Pembeli tidak bersedia untuk terikat pada Syarat dan Ketentuan Pengguna yang baru, maka Pembeli dapat melakukan Penutupan Akun Pembeli. Apabila Penutupan Akun Pembeli tidak dilakukan, maka Pembeli dianggap telah bersedia untuk terikat pada Syarat dan Ketentuan Pengguna yang baru.

17. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL 

Segala sesuatu mengenai Platform Veliqa, termasuk namun tidak terbatas pada tulisan, gambar, logo, tombol, konten, fitur, perangkat lunak (software) adalah hak kekayaan intelektual yang dilindungi berdasarkan, termasuk namun tidak terbatas pada, (i) Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, (ii) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 Tentang Paten, (iii) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis dan (iv) peraturan perundang-undangan lain yang relevan (“HKI Veliqa”). Pembeli hanya diperbolehkan untuk menggunakan HKI Veliqa untuk kepentingan pribadi dan bukan untuk tujuan komersial.

 18. LAIN-LAIN

  1. Hukum Yang Berlaku.

Syarat dan Ketentuan Pengguna ini dan seluruh hal yang timbul dari atau sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan Pengguna ini, tunduk pada dan diinterpretasikan dengan hukum Republik Indonesia.

  1. Penyelesaian Perselisihan.

Setiap perbedaan atau perselisihan yang timbul akibat penafsiran dan/atau pelaksanaan Syarat dan Ketentuan Pengguna, atau ketentuan-ketentuan lainnya sehubungan dengan penggunaan Platform Veliqa (“Perselisihan”) sedapat mungkin akan diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat. Setiap Perselisihan wajib diberitahukan secara tertulis melalui email atau dengan cara lain yang dianggap relevan. Dalam hal setelah 30 (tiga puluh) hari tidak tercapai kesepakatan dengan cara musyawarah, maka Perselisihan akan diselesaikan melalui arbitrase yang diselenggarakan di Jakarta dan diputus oleh BANI dengan 3 (tiga) orang arbiter yang ditunjuk sesuai dengan peraturan-peraturan administrasi dan peraturan-peraturan prosedur arbitrase BANI, yang keputusannya mengikat sebagai keputusan tingkat pertama dan terakhir.

  1. Keterpisahan.

Apabila terdapat salah satu atau lebih ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Pengguna ini menjadi dianggap tidak sah, tidak berlaku, tidak dapat dilaksanakan, atau melanggar hukum baik secara keseluruhan atau sebagian, berdasarkan peraturan perundang-undangan, maka hal tersebut tidak akan menghapuskan keabsahan dan keberlakuan dari ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan Pengguna ini. Dengan demikian ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan Pengguna ini akan tetap berlaku sepenuhnya secara sah terlepas dari ketentuan yang dianggap tidak sah, tidak berlaku, tidak dapat dilaksanakan atau melanggar hukum tersebut.


 
Chat With Us